Selasa, 25 Februari 2014

budaya yang hampir punah di kaltim

Pengrajin Hampir Punah, Batik Kaltim Diproduksi di Jawa
Mengintip Persiapan UMKM Kaltim Hadapai Pasar Bebas; Produksi Kerajinan (2)
 
Jumat, 18 Oktober 2013 - 06:56:05
|
Pro Bisnis
|
Dibaca : 583 Kali
 
Selain kuliner khas seperti amplang, produk kerajinan daerah Kaltim merupakan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, saat ini, salah satu komoditas unggulan untuk kalangan pelaku UMKM lokal itu, kini seperti kehilangan gairah. Alih-alih bersaing dengan pengusaha asing, produksi kerajinan lokal bahkan lebih banyak dijalankan masyarakat luar daerah.
 
NUR RAHMAN, Samarinda
 
SUVENIR khas Kaltim, justru bukanlah bisnis utama para pedagang kerajinan lokal. Sebagian besar omzet, justru ditopang pemasukan dari penjualan batu permata yang merupakan kerajinan khas provinsi tetangga, yakni Kalimantan Selatan.

Pilihan tersebut memang terpaksa diambil para pengusaha mengingat gairah pasar komoditas ini tak seantusias beberapa waktu silam. Tak hanya serapan pasar, produsen kerajinan khas Kaltim pun seakan telah jenuh mengembangkan produk yang sebenarnya memiliki banyak peminat itu dari luar daerah itu.

Kholis Darul Quthbi, salah satu pengusaha kerajinan mengatakan, untuk mendapatkan barang kerajinan seperti perhiasan dan ukiran, dia mengaku harus menyediakan modal untuk membayar para pengrajin. Padahal, beberapa tahun lalu, kata dia, para pengrajin berlomba-lomba menitipkan karya mereka di lapaknya.

“Sekarang, ada uang ya ada barang. Itupun, harus jauh-jauh hari karena pengerjaannya memakan waktu,” ucapnya. Panjangnya waktu pembuatan disebut Kholis disebabkan semakin berkurangnya jumlah pengrajin di Samarinda dan sekitarnya. “Makin tahun, seperti tidak ada yang melanjutkan memproduksi kerajinan. Padahal, saya sering mendapat permintaan dalam jumlah banyak yang datangnya secara mendadak,” ujarnya.

Kurangnya tenaga pengrajin itu juga, lanjut dia, yang membuat harga hasil kerajinan asli Kaltim semakin tinggi. Celah ini membuat para pengrajin produk serupa dari luar daerah mulai “membajak” beberapa kerajinan khas Kaltim.

“Ada yang dari Jawa, ada juga dari Sulawesi. Bahkan, saya dengar, produksi mereka sudah tembus hingga ke Malaysia,” kata dia. Tingginya animo masyarakat luar daerah menggarap motif-motif khas Kalimantan, membuat mereka barang “tiruan” tersebut memiliki harga lebih bersaing.

“Saking jauhnya selisih harga, beberapa pengusaha di Samarinda juga ada yang memilih memasok barang dari luar Kaltim. Daripada mengharapkan pengrajin lokal, sudah harganya lebih tinggi, kerja sama juga tak bisa dilakukan berkelanjutan,” beber pemilik toko suvenir Dewi Indah itu.

Menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN, sarjana ekonomi itu mengaku pasrah. “Memproduksi kerajinan daerah saja, pengrajin kalah bersaing dengan daerah lain. Jika ditambah pengusaha asing, saya hanya bisa mengandalkan kedekatan dengan pelanggan saja,” urainya.

Kepercayaan pasar itulah yang disebut Kholis menjadi senjata utama mereka untuk konsisten menjual kerajinan khas Kaltim. “Untungnya, saya sudah 20 tahun lebih berbisnis seperti ini. Kalau baru mulai sekarang, saya rasa berat menjalankannya. Apalagi nanti akan ada pesaing dari luar negeri,” tandasnya.

Sementara itu, pengusaha kerajinan lainnya, Rasyid Fikri menuturkan, karena sepi peminat, dirinya kini lebih memilih menjajakan kerajinan dari Kalimantan Selatan. “Saya memang masih menjual suvenir khas Kaltim, seperti gelang, kalung, dan kerajinan lainnya yang berbahan manik,” ucapnya.

Namun, untuk menopang usahanya, dia mengaku penghasilannya lebih banyak didapat dari penjualan permata dan emas putih. “Barang-barang kerajinan biasanya hanya laris saat ada event tertentu saja. Pada hari-hari biasa, hanya barang-barang kecil yang laku,” ucap pengusaha yang memiliki lapak di Mal Mesra Indah itu.

Sama seperti Kholis, Fikri juga menyebut membeli beberapa hasil kerajinan yang diproduksi luar daerah. “Tapi tetap khas Kaltim, seperti kerajinan manik dan batik Kalimantan. Desainnya di sini, hanya diproduksinya yang di Jawa,” kata dia.

Langkah itu dia lakukan agar mendapatkan barang dengan harga lebih murah. “Kalau diproduksi di sini, harganya lebih mahal. Kalau harganya sama saja, saya pasti beli produk asli Kaltim,” tuturnya.

Selain itu, konsistensi suplai juga menjadi alasan Fikri lebih memilih memasok dari Pulau Jawa. “Tak banyak pengrajin lokal kita bisa memproduksi terus menerus. Sementara, saya harus tetap memenuhi permintaan untuk menjaga kepercayaan pasar,” lanjutnya. (lhl/*/k1)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar